You are currently viewing KEIKUTSERTAAN SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER DALAM NASIONAL SHRIMP ACTION FORUM 2022

KEIKUTSERTAAN SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER DALAM NASIONAL SHRIMP ACTION FORUM 2022

Jember (26/10) SMK Perikanan dan Kelautan Puger mengikuti beberapa kegiatan penting. Kegiatan pertama yaitu NASIONAL SHRIMP ACTION FORUM 2022 dengan tema Revitalisasi, Akselerasi, Investasi, dan Sinergi untuk Kebangkitan Industri Udang Nasional. Kegiatan ini digunakan bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, bapak Sakti Wahyu Trenggono untuk menyampaikan ajakan kerjasama antar pemerintah daerah dan stakeholder sebagai salah satu faktor penting memajukan sektor budidaya perikanan. Upaya untuk mendukung program pemerintah SMK Pusat Keunggulan di tahun ke-2, SMK Perikanan dan Kelautan Puger mendirikan Teaching Factory Pusat Penelitian Akuakultur Berkelanjutan dalam kompetensi keahlian Agribisnis Perikanan Payau dan Laut, yaitu Tambak Udang Vaname. Pembangunan tambak milik SMK Perikanan dan Kelautan Puger berdiri dengan izin pembangunan yang sah dari pemerintah di dusun Jeni, desa Kepanjen, kecamatan Gumukmas. Keikut sertaan SMK Perikanan dan Kelautan Puger dalam acara NASIONAL SHRIMP ACTION FORUM 2022 ini menjadi langkah awal yang sangat bagus untuk terus mengembangkan Teaching Factory dengan bersinergi dengan industri udang berkelanjutan di Indonesia.

Kegiatan kedua, yaitu sebanyak 50 taruna SMK Perikanan dan Kelautan Puger mengikuti sosialisasi program Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan info pasar kerja Luar Negeri di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Kegiatan sosialisasi ini diadakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Jawa Timur. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan informasi adanya keterserapan pekerja migran di luar Negeri bagi Siswa, Mahasiswa, dan Masyarakat umum.

Kegiatan ketiga, yaitu pelaksanaan audit keterserapan alumni oleh bapak Supardi selaku evaluator pendamping Tracer Study SMK Pusat Keunggulan tahun ke-2. Seluruh alumni SMK Perikanan dan Kelautan Puger di wajibkan untuk terdata dalam Tracer Study sebagai pusat kontrol pengamatan alumni melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja, atau berwirausaha.

Tinggalkan Balasan