VISI, MISI DAN TUJUAN
SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER

VISI

Menciptakan Lulusan  yang Religius, Nasionalis, Berkarakter, dan Berdaya Saing

 INDIKATOR VISI

1) Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
2) Memiliki jiwa nasionalisme yang kuat.
3) Memiliki jiwa mandiri yang tinggi dalam belajar dan bekerja.
4) Memiliki kemampuan untuk bernalar kritis dan kreatif.
5) Menjunjung tinggi semangat gotong royong.
6) Memiliki peluang besar bekerja di sektor kemaritiman, perikanan, dan sektor yang lain.
7) Memiliki peluang besar diterima di perguruan tinggi.

 MISI

1. Memberikan layanan  dalam meningkatkan pemahaman taruna dalam menerapkan pola hidup sesuai ajaran agama dan keyakinannya.
2. Mendorong terwujudnya sikap dan perilaku taruna sebagai pelajar yang berkarakter melalui pendidikan penguatan karakter.
3. Memberikan layanan pembelajaran yang bersinergi dengan industri dan dunia kerja.
4. Memberikan layanan pembelajaran bersertifikasi kompetensi industri untuk mencetak lulusan yang profesional sehingga memiliki peluang              besar diterima kerja pada sektor kemaritiman dan perikanan maupun sektor lainnya ditingkat nasional maupun  internasional.
5. Memberikan layanan pembelajaran untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya.

 TUJUAN SEKOLAH

1. Terlaksananya kegiatan pendalaman agama taruna  melalui kegiatan keagamaan sesuai dengan agama dan keyankinannya.
2. Terwujudnya keterampilan siswa dalam menerapkan aturan beragama dalam berbagai kegiatan, meliputi kegiatan ibadah wajib, sunnah dan             peringatan hari-hari besar keagamaan.
3. Terwujudnya sikap dan perilaku taruna  yang religius, nasionalis, mandiri, bernalar kritis, kreatif dan gotong royong melalui kegiatan Latihan           Dasar Disiplin Korp (LDDK) dan implementasi penguatan pendidikan karakter dan penguatan budaya kerja             (P5BK).
4. Terlaksananya kegiatan kunjungan ke berbagai industri dan dunia kerja (IDUKA) mitra.
5. Terwujudnya jalinan kerjasama sekolah dengan IDUKA dalam sinkronisasi kurikulum, pendampingan praktik produktif, dan akad  kerja sama          (MOU) dalam hal pemagangan dan rekrutmen siswa sebagai tenaga kerja.
6. Terwujudnya peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kekinian dari berbagai pendidikan  dan                         pelatihan.
7. Terlaksananya sertifikasi kompetensi siswa sesuai kompetensi keahlian yang dituntut dunia kerja.
8. Terlaksananya pendampingan dan pembimbingan taruna dalam persiapan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.