You are currently viewing MENGENAL SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN MELALUI PROGRAM KEAHLIAN

MENGENAL SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN MELALUI PROGRAM KEAHLIAN

Jember(21/7) Memasuki hari ke-4 kegiatan MPLS dan LDDK tidak lengkap jika calon taruna belum mengenal program keahlian yang di miliki SMK Perikanan dan Kelautan Puger. Tidak hanya mengenal, tetapi calon taruna juga wajib mengetahui dan menjadi bagian dari kehebatan dan sukses di program keahlian yang akan dipilih.

SMK Perikanan dan Kelautan Puger terdiri atas 5 program keahlian yang tergabung dalam 2 bidang, yaitu bidang kelautan dan perikanan. Bidang kelautan terdiri atas program keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI). Progam kelahlian NKPI mengantarkan taruna meraih cita-cita sebagai awak kapal dan dapat bekerja di kapal luar negeri. Selanjutnya yaitu Teknika Kapal Penangkapan Ikan (TKPI). Tidak hanya belajar tentang teknik kapal, namun taruna juga diajarkan tentang kelistrikan dalam hal apapun. Program keahlian TKPI dapan mengantarkan taruna meraih cita-cita tidak hanya di kapal, tetapi juga dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk membuka usaha mandiri. Program keahlian selanjutnya yaitu Teknik Konstruksi Kapal (TKK). Program keahlian ini bergerak dalam bidang konstruksi atau desain rancang yang mampu mengantarkan taruna menjadi Insinyur Perkapalan dan juga taruna dapat membuka usaha mandiri menjadi desainer interior.


Program keahlian dalam bidang perikanan terdiri atas Agribisnis Perikanan (AP). Program keahlian AP mengajarkan taruna tentang pembenihan ikan dan juga udang air tawar dan laut. Program keahlian selanjutnya adalah Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi). Mengajarkan taruna tentang pengolahan dengan bahan dasar ikan yang dihasilkan menjadi makanan yang kaya akan gizi yang baik.

Setelah pengenalan program keahlian selesai, calon taruna melanjutkan materi tentanf Sakawirakartika bersama bapak Iwan Abdillah dari 0824/12 Patrang. Menjelaskan tentang kepramukaan dengan gaya menarik dan masakini, membuat calon taruna banyak yang berminat bergabung dalam Sakawirakartika. Kegiatan berlanjut hingga malam hari yang diisi dengan hiburan bersholawat bersama-sama agar segala kegiatan yang dilakukan mendapaatkan manfaat dan berguna bagi calon taruna, guru dan orang tua.

Tinggalkan Balasan