You are currently viewing DIRJEN DIKSI KEMDIKBUD RESMIKAN TEACHING FACTORY AGRIBISNIS PERIKANAN PAYAU DAN LAUT SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER SERTA SARASEHAN NASIONAL MEMBANGUN PERADABAN MARITIM

DIRJEN DIKSI KEMDIKBUD RESMIKAN TEACHING FACTORY AGRIBISNIS PERIKANAN PAYAU DAN LAUT SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER SERTA SARASEHAN NASIONAL MEMBANGUN PERADABAN MARITIM

Jember (22/12) SMK Perikanan dan Kelautan Puger melaksanakan peresmian teaching factory agribisnis perikanan payau dan laut sebagai akuakultur budidaya udang vanname yang berada di dusun Jeni, desa Kepanjen, kecamatan Gumukmas, kabupaten Jember. Teaching factory ini secara langsung diresmikan oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc selaku Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud. Kegiatan peresmian ini dimulai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc dan juga 3000 benih udang Vanname ditebar secara langsung oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc sebagai langkah awal teaching factory Agribisnis Perikanan Payau dan Laut beroprasi. Teaching Factory milik SMK Perikanan dan Kelautan Puger mendapatkan apresiasi tinggi oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. karena tidak hanya sebagai tempat praktik siswa jurusan budidaya perikanan, tetapi juga dapat menjadi lapangan pekerjaan yang telah mendapatkan ijin secara resmi. Tidak hanya itu, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc juga menyampaikan rasa syukur karena SMK Perikanan dan Kelautan Puger memiliki kerja sama yang baik antara Sekolah dan Dunia Industri. Kerja sama ini yang harus patut dicontoh oleh SMK-SMK lainnya.

Dilanjutkan dengan kegiatan pengukuhan Shrimp Club Indonesia cabang Jember yang diketuai oleh Drs. H. Kuntjoro Basuki, M.Si (teaching factory SMK Perikanan dan Kelautan Puger), Wakil Ketua yaitu Denny Hermanto (tambak BAJA), Sekertaris yaitu Akhmad Faris Putra (tambak ABB), Wakil Sekertaris yaitu Ventje Tombeng (tambak BAS), dan Bendahara yaitu Muflich Widady (tambak PM2). Shirmp Club Indonesia cabang Jember secara langsung dikukuhkan oleh bapak Yanuar Toto Raharjo selaku ketua pusat Shrimp Club Indonesia.

Teaching factory Agribisnis Perikanan Payau dan Laut SMK Perikanan dan Kelautan Puger menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Sarasehan Nasional bertema Membangun Peradaban Maritim melalui Transformasi Pendidikan Vokasi Kemaritiman. Pemateri dalam kegiatan Sarasehan Nasional ini sangat luar biasa, yaitu Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd selaku Direktur SMK Kemendikbudristek, Dr. I Nyoman Radiarta, S.Pi., M.Sc selaku Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Ir. Eko Julianto, M.Sc selaku Direktur Politeknik Perkapalan Neger Surabaya, Dr. Andi Rusdi, M.Pd selaku Kepala BBMP-VPKTI Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Drs. Mahmud Musta’in, M.Sc., Ph.D selaku Kepala Lab. Infrastruktur Pantai dan Pelabuhan Teknik Kelautan ITS dan Ketua PW BKNU Jawa Timur, David Handoko Seto, S.H selaku Sekertaris Komisi B DPRD Jember, dan K.H Ahmad Sadid Jauhari selaku Rais Syuriah PBNU serta Pembina Yayasan Pondok Pesantren Darsul Bihar. Kegiatan Sarasehan Nasional ini membahas yentang perikanan di Indonesia yang sangat berpotensi. Prosentase laut Indonesia lebih luas dari daratan yang dapat menjadikan maritim sebagai potensi sumber daya yang di olah dan dikembangkan oleh generasi-generasi muda Indonesia. Kegiatan Sarasehan Nasional ini juga dilaksankan secara daring menggunakan aplikasi zoom.

Tinggalkan Balasan