Tentang Kami

SMK Perikanan dan Kelautan Puger berdiri tahun 2000 di kecamatan Puger atau area selatan kabupaten Jember yang berdekatan dengan Pantai Puger. SMK ini ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren Darsul Bihar Jember. Saat ini SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember memiliki 5 (lima) kompetensi keahlian unggulan dan terfokus di bidang kemaritiman, yaitu:

  1. Nautika Kapal Penangkapan Ikan
  2. Agriteknologi Pengolahan Hasil Perikanan
  3. Teknika Kapal Penangkapan Ikan
  4. Agribisnis Perikanan
  5. Teknik Konstruksi Kapal

SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember didukung lebih dari 80 institusi pasangan (DUDI dan Perguruan Tinggi) baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan kapasitas kelembagaan akreditasi A, dan sudah mengantongi sertifikat ISO sejak tahun 2010 (ISO 9001:2015). SMK ini sudah lolos verifikasi dewan penguji keahlian pelaut, Direktorat Perhubungan Laut sejak tahun 2008. SMK ini juga lolos verifikasi Dirjen Perikanan Tangkap (KKP) untuk uji keahlian penangkapan ikan dan uji ahli mesin penangkapan ikan.

Sebagai SMK rujukan kemaritiman sejak tahun 2015, SMK ini pernah ditunjuk sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Guru Keahlian Ganda se-Indonesia tahun 2017. SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember telah memiliki sertifikat lisensi dari BNSP sejak tahun 2016 untuk pendirian LSP-P1 jejaring dengan jumlah 12 SMK jejaring tersebar di Jawa Timur. SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember beberapa kali mengikuti even baik seminar pendidikan, pertukaran pelajar dan lomba di beberapa negara antara lain: di Thailand, di Filipina, di Cina dan Jepang.

SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember melaksanakan pendidikan karakter sejak tahun 2000, antara lain melalui:

  1. Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK) taruna dan praktik baik pembentukan dan penguatan profil pelajar Pancasila (P5BK) dengan system semitaruna dan kepesantrenan
  2. Sinergi link and match bersama iduka
  3. Uji sertifikasi untuk taruna berstandar nasional dan internasional

Saat ini SMK jumlah taruna sekitar 400 orang yang 95 % berasal dari berbagai pelosok desa dan daerah. Sebaran input mayoritas berasal dari berbagai seluruh kecamatan di Kabupaten Jember dan Lumajang. Sebagian juga berasal dari Kota Bondowoso dan Situbondo bahkan dari provinsi lain.

Target kelas XII tiap tahunnya terserap di dunia kerja bahkan sebelum pengumuman kelulusan. Dengan target minimal 75% lulusan terserap magang kontrak kerja di bidang perikanan dan kemaritiman (kapal penangkap ikan atau kapal-kapal niaga, perusahaan prosesing, dll) ke luar negeri dan beasiswa kuliah ke luar negeri, serta terbangunnya jiwa wirausaha yang berkarakter positif.

Prestasi yang diperoleh, antara lain:

  1. Terpilihnya dua siswa untuk mengikuti Ekspedisi World Expo Milano Italia Tahun 2015
  2. Terpilihnya enam siswa mengikuti Ekspedisi Nasional kegiatan Santri Bela Negara tahun 2015
  3. Juara 2 lomba kompetensi siswa (LKS) di bidang Nautika tingkat Jawa Timur tahun 2015
  4. Penghargaan dari Menko Maritim sebagai SMK pembangun SDM di bidang kelautan
  5. Terpilihnya SMK Perikanan dan Kelautan Puger sebagai SMK Rujukan di bidang Maritim 2016
  6. Peserta Indo Defence World Expo 2016
  7. Peserta Nusantara Expo di Lembata, Nusa Tenggara Timur 2016
  8. Juara 1 2st Young SEA-TVET Future Farmers Symposium di Thailand 2017
  9. Penghargaan dari Kemdikbud sebagai pusat belajar dan TUK bagi guru keahlian ganda 2017
  10. Peserta Southeast Asia Creative Camp: Urban Agriculture 2018